BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS

Minggu, 21 Maret 2010

Gempa Tanah Runtuh

buat adek adek kelas saya, yang sekolah di SMK Negeri 1 Cimahi... yang nanti disuruh nyari tentang Gempa Tanah Runtuh (Tugas IPA) akang punya nih bahan nya. hhohhohho (laugh)

silahkan...

GEMPA TANAH RUNTUH

Berbeda dengan gempa lainnya, gempa ini terjadi karena factor lingkungan atau keadaan dari sebuah tempat (gua atau pertambangan). Jika disebutkan ada tipe GEMPA TANAH RUNTUH kemungkinan berhubungan dengan runtuh nya sesuatu, ini bisa terjadi di daerah yang batuannya mudah larut oleh air seperti batu kapur

A. DEFINISI GEMPA TANAH RUNTUH

Adalah salah satu bagian dari jenis gempa yang terjadi mengiringi bagian gua atau pertambangan yang runtuh, misalnya pada gua kapur atau lorong pertambangan yang lapuk.

B. CIRI CIRI/GEJALA GEMPA TANAH RUNTUH

Apabila kita berada didalam gua atau lorong pertambangan, maka akan terlihat bagian atas permukaan gua atau pertambangan akan menurunkan batuan batuan kecil atau serpihan tanah yang berjatuhan seperti hujan.

Lalu apabila kita berada diluar gua atau pertambangan, maka akan terlihat bagian luar permukaan gua atau pertambangan tersebut, tanahnya berjatuhan seperti longsor.

C. SKALA KEKUATAN GEMPA

Apabila diperkirakaan, gempa tanah runtuh memiliki skala yang tidak begitu besar. Kurang lebih 3,0 – 4,5 skala richter. Dan kerusakan yang terjadipun hanya kerusakan local.


D. AKIBAT GEMPA TANAH RUNTUH

Akibatnya adalah apabila terdapat pemukiman didaerah sekitar gua atau pertambangan tempat kejadian gempa tanah runtuh, maka akan mengakibatkan pemukiman tersebut terkena runtuhan tanah dari gempa tanah runtuh tersebut. Lalu dari segi gua atau pertambangannya, maka dampakanya adalah tidak aka nada akses masuk kedalam gua atau pertambangan tersebut.

E. PENYEBAB GEMPA TANAH RUNTUH

Bagian bagian penyanggah gua atau pertambangan sudah tua dan keropos atau lapuk. Maka penyangga tersebut tidak mampu menahan lagi tanah yang berada dibagian atas gua atau pertambangan.

F. CARA PENAGGULANGAN GEMPA

Apabila kita sedang berada didalam gua/pertambangan lalu melihat ciri ciri terjadi gempa tanah runtuh yaitu bagian atas permukaan gua menurunkan batuan kecil atau serpihan tanah yang runtuh seperti hujan, maka kita harus langsung begegas lari keluar gua dan tidak dekat-dekat dengan gua tersebut. Dan apabila kita berada diluar gua, maka segeralah berlari dan menjauh dari gua tersebut. Karena tanahnya akan runtuh atau bias jadi meluber seperti longsor. Sehingga mengakibatkan getaran dan kerusakan.


3 komentar:

  1. wedan aldy selegedep! tapi ID nama kamu mana dy? kan kalo posting harus ada namanya

    BalasHapus
  2. wes aldi keren, membuat adik kelas keenakan!
    hahha mudah - mudahan kakak kelas kita juga kaya si aldi. hahah

    BalasHapus
  3. makasi niii...
    saya lagi butuhh..

    1 tkj a

    hahaha

    BalasHapus